Putting Sustainability to Music

Halo semuaa! Kali ini aku bakal bahas sustainability yang bisa dilakuin untuk festival musik karena kebanyakan festival musik membutuhkan energi listrik yang boros dan mengakibatkan banyaknya sampah plastik yang ditinggalkan. Fokusnya adalah mendorong vendor, venue, dan promotor untuk melakukan bisnisnya dengan memperhatikan lingkungan dan tetap mendapatkan keuntungan. Kekuatan musik dapat digunakan untuk mendorong perubahan, seperti mempengaruhi penggemar.

Saat ini sudah banyak eco-firendly music festival. Salah satu contohnya adalah festival musik “We Love Green” yang diadakan di Paris ketika musim panas. Festival ini menyediakan pemandangan yang hijau, namun tidak hanya itu. Untuk mendukung sustainability, foodcourt di festival ini berisi deretan makanan lokal yang tak ada habisnya, seperti disajikannya buah segar dan makanan organik. Para pengunjung membawa minuman mereka dalam reusable cups. “We Love Green” mempromosikan kesadaran dan tanggung jawab lingkungan, produk lokal dan reusable cups. Deangan begitu, suatu komunitas dapat berkumpul untuk merayakan lingkungan sambil mendengarkan musik yang bagus.

Sebagian pengunjung datang ke venue menggunakan mobil pribadinya.  Untuk meningkatkan sustainability, banyak penyelenggara festival yang memberi penghargaan kepada pengunjung yang menggunakan transportasi alternatif rendah emisi. Misalnya, festival Belgia Pukkelpop yang tiket festivalnya sudah termasuk transportasi umum dan tempat parkir prioritas cadangan untuk para penampung mobil. Contoh lainnya adalah Coachella, dengan program Carpoolchella-nya, yaitu memberikan penghargaan kepada carpooler dengan memberi kesempatan untuk memenangkan backstage pass, merchandise, dan bahkan tiket VIP seumur hidup. Di Primavera Sound di Spanyol, mayoritas peserta menggunakan transportasi umum atau sepeda untuk transportasi, secara efektif mengurangi emisi.

Upaya yang bisa dilakuin lagi adalah menggunakan renewable source untuk mengurangi konsumsi energi. Seperti menggunakan biodiesel atau panel surya untuk memberi daya pada panggung, sambil mendorong pengunjung agar melakukan donasi untuk mengimbangi emisi karbon.

Nah,. musik festival aja udah pada sadar untuk merhatiin lingukan. Harusnya kita sebagai pelaku juga sadar dong. Yuk kita jaga lingkungan kita!

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.